3/20/2019

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Intro:
Dalam kegiatan atau proses jual beli, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh kedua belah pihak. Mulai dari pembicaraan mengenai harga, tata cara pembayaran barang yang diperjual belikan, sampai dengan beberapa kesepakatan yang dibuat dalam proses jual beli tersebut. Atas dasar hal tersebutlah, maka penggunaan surat jual beli sangat diperlukan.

Jika anda melakukan proses transaksi jual beli, maka anda wajib menggunakan surat jual beli atas barang atau harta tersebut. Mungkin jika anda melakukan jual beli handphone barang murah lainnya, hal ini tidak terlalu diperlukan. Namun jika menyangkuta harta berharga, seperti tanah, rumah, kendaraan, ataupun perhiasan, maka surat jual beli sangat diperlukan.

Surat Jual Beli merupakan surat yang isinya menerangkan tentang jul beli yang terjadi. Di dalam surat jual beli, pihak penjual diwajibkan menyerahkan suatu barang kepada pihak pembeli. Sebaliknya, pihak pembeli diwajibkan menyerahkan sejumlah uang (sebesar harga barang ) kepada pihak penjual sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Setelah terjadi penandatanganan pada surat tersebut, kedua belah pihak terikat agar menyelesaikan kewajiban masing masing sesuai dengan perjanjian-perjanjian yang tertera. Setiap pelanggaran atau kelainan dalam memenuhi kewajiban akan mendatangkan konsekuensi hukum karena pihak yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan atau klaim.

Sekarang ini ada banyak orang yang melakoni jual beli, baik itu untuk dimiliki dan dipergunakan sendiri maupun sebagai agen penjual atau agen pembeli. Nah, dalam proses jual beli tentu ada beberapa kesepakatan yang akan dibuat oleh kedua belah pihak. Kesepakatan – kesepakatan tersebutlah nantinya yang akan dirumuskan dalam surat jual beli yang dibuat oleh kedua belah pihak.

Surat perjanjian jual beli biasanya dibuat agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.karena sekarang ini banyak penipuan dalam transaksi jual beli sehingga kalian harus membuat surat perjanjian dalam melakukan transaksi.

Berikut ini adalah Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah yang dibuat dengan format .DOCX yang bisa anda sesuaikan kembali:

Spoiler for Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

No comments:

Capadesu Books

Capadesu Books merupakan perpustakaan digital dan layanan e-book terlengkap yang mencakup format .docx .pdf .pptx .psd .xlsx .zip dengan banyak judul.




Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Terms Of Service


Komentar

Form Kontak

Name

Email *

Message *