10/31/2017

Definisi rekayasa perangkat lunak

Intro:
Secara teori sudah banyak definisi mengenai rekayasa perangkat lunak, baik yang berasal dari buku maupun lembaga mandiri seperti IEEE Computer Society. Berikut adalah beberapa referensi tentang definisi mengenai rekayasa perangkat lunak (software engineering) yang diambil dari beberapa sumber resmi:
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Sommerville adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan semua aspek produksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem hingga mempertahankan sistem setelah digunakan.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut IEEE Computer Society adalah mendefinisikan sebagai penerapan pendekatan sistematis, disiplin, dapat diukur, untuk pengembangan, operasi dan perangkat lunak pemeliharaan.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Conger adalah pengembangan, operasi, perawatan, dan pensiun sistematis yang sistematis.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Gizli adalah bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembangunan sistem perangkat lunak yang begitu besar atau begitu kompleks yang dibangun oleh tim.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Bjorner adalah pembentukan dan penggunaan metode suara untuk konstruksi efisien perangkat lunak yang efisien, benar, tepat waktu dan menyenangkan yang dapat memecahkan masalah seperti pengguna mengidentifikasi mereka.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Laplante adalah pendekatan sistematis terhadap analisis, perancangan, penilaian, implementasi, pengujian, pemeliharaan dan rekayasa ulang perangkat lunak, yaitu penerapan teknik untuk perangkat lunak. Dalam pendekatan rekayasa perangkat lunak, beberapa model untuk siklus hidup perangkat lunak dicanangkan, dan banyak metodologi untuk definisi dan penilaian dari fase yang berbeda dari model siklus hidup.
  • Definisi rekayasa perangkat lunak menurut Deek adalah reaksi kognitif terhadap kelancaran pengembangan perangkat lunak. Ini mencerminkan kebutuhan yang tak terelakkan untuk analisis dan perencanaan, keandalan dan pengendalian risiko, dan penjadwalan dan koordinasi saat memulai usaha manusia yang kompleks.
Dari definisi tentang rekayasa perangkat lunak maupun pengembang perangkat lunak, jelas bahwa seorang programmer bukan berarti secara otomatis menjadi pengembang perangkat lunak dalam melakukan pekerjaan pemrograman secara utuh.

Dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak (software) adalah aplikasi yang dibangun dengan menggunakan program komputer dengan fungsi  utama untuk melakukan otomatisasi proses bisnis dengan performa dan kegunaan yang telah terdeskripsi dalam suatu dokumentasi bagi para penggunanya. Untuk lebih jelasnya berikut format persentation tentang definisi rekayasa perangkat lunak yang bisa anda sesuaikan kembali
Spoiler for Definisi Rekayasa Perangkat Lunak - RPL 2

Tidak ada komentar:

Capadesu Books

Capadesu Books merupakan perpustakaan digital dan layanan e-book terlengkap yang mencakup format .docx .pdf .pptx .psd .xlsx .zip dengan banyak judul.




Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Terms Of Service


Komentar

Form Kontak

Nama

Email *

Pesan *