2/03/2019

Format Pengkajian Asuhan Keperawatan Gerontik

Intro:
Keperawatan gerontik merupakan suatu bentuk pelayanan dalam bidang keperawatan yang bersifat professional dengan menggunakan dan menerapkan ilmu dan kiat keperawatan gerontik, mencakup hal-hal seperti biopsikososial dan spiritual, dimana seorang pasien adalah seseoarang dengan usia yang lebih dari 60 tahun, baik yang kondisinya sehat ataupun sakit.

Gerontologi berasal dari bahasa yunani geros (tua) dan logos (ilmu). Gerontologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari proses penuaan dan ilmu yang mempelajari tentang lansia, baik itu permasalahan yang dialami serta konsekuensi akibat proses penuaan untuk kehidupan lansia itu sendiri maupun kelompok masyarakat.

Pengertian Keperawatan Gerontik Menurut Para Ahli:
  • Keperawatan yang berkeahlian khusus merawat lansia diberi nama untuk pertama kalinya sebagai keperawatan geriatric (Ebersole et al, 2005)
  • Gerontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang lanjut usia dengan masalah-masalah yang terjadi pada lansia yang meliputi aspek biologis, sosiologis, psikologis, dan ekonomi. Gerontologi merupakan pendekatan ilmiah (scientific approach) terhadap berbagai aspek dalam proses penuaan (Tamher dan Noorkasiani, 2009)
  • Menurut Miller (2004), gerontologi merupakan cabang ilmu yg mempelajari proses manuan dan masalah yg mungkin terjadi pada lansia.
  • Keperawatan gerontik adalah praktek perawatan yang berkaitan dengan penyakit pada proses menua (Kozier, 1987).
Tujuan keperawatan gerontik adalah untuk memenuhi kenyaman lansia, mempertahankan fungsi tubuh serta membantu lansia menghadapi kematian dengan tenang dan damai melalui ilmu dan teknik keperawatan gerontik .

Sifat asuhan keperawatan gerontik adalah independen, humanistik, dan holistik. Peran dan fungsi perawat gerontik adalah sebagai pemberi asuhan keperawatan secara langsung, sebagai pendidik lansia, keluarga, dan masyarakat. Perawat juga dapat menjadi motivator dan inovator dalam memberikan advokasi pada pasien serta sebagai konselor.

Format pengkajian asuhan keperawatan gerontik ini menguraikan tentang tujuan dan kompetensi yang hendak dicapai dan proses pembimbingan disertai format yang dapat dipakai untuk proses pendokumentasian asuhan keperawatan. Melalui format ini diharapkan mahasiswa dan pembimbing dapat memahami perannya masing-masing sehingga tujuan pembelajaran klinik dapat tercapai.

Yang membutuhkan Format Pengkajian Asuhan Keperawatan Gerontik Lengkap ini silahkan anda klik tulisan Sedot Spoiler Disini
Spoiler for Format Pengkajian Asuhan Keperawatan Gerontik

No comments:

Capadesu Books

Capadesu Books merupakan perpustakaan digital dan layanan e-book terlengkap yang mencakup format .docx .pdf .pptx .psd .xlsx .zip dengan banyak judul.




Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Terms Of Service


Komentar

Form Kontak

Name

Email *

Message *